Kue Cucur Gula Merah


Kue cucur berwarna cokelat atau kuih cucur dalam bahasa Melayu ini sangat mudah ditemukan di pasar. Warna cokelat dari kue ini berasal dari gula merah yang menjadi campuran adonannya. Kue yang menonjol bagian tengahnya ini sangat terkenal di daerah Jakarta sehingga sangat mudah ditemukan di setiap penjual kue tradisional serta sering dihidangkan dalam upacara adat budaya Betawi.

Bahan-Bahan:

- 250 gr tepung beras
- 200 gr terigu protein sedang
- 280 gr gula merah ( me: @gula.khalis )
- 100 gr gula pasir
- 500 ml air
- 2 lembar daun pandan
- 1/2 sdt garam
- minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah:
  1. Rebus gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam hingga larut, saring, diamkan sampai hangat.
  2. Campurkan tepung beras dan tepung terigu dalam bowl, masukkan larutan gula, aduk hingga rata menggunakan whisk lalu mixer dengan speed rendah selama 5 menit.
  3. Istirahatkan adonan selama 30 menitan, aduk lagi pakai whisk, kalau masih terasa berat/kekentalan bisa tambah air sedikit, karena kelembapan tepung beda2.
  4. Panaskan minyak, secukupnya, tuang adonan 1 sendok sayur, goreng pakai api kecil saja.
  5. Tunggu berserat bagian pinggirnya, lalu siram2 minyak tengahnya sampai benar2 matang, kalau belum matang biasanya saat digoreng di bagian tengah ada adonan mentah mengalir keluar, angkat, tiriskan.
Demikian resep dan cara membuat Tumis Paru Pedas. Ingin mencoba resep yang lainnya? Pastikan  untuk searching di Dapur Kristia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak