Lemper Goreng Isi Abon Sapi


Lemper merupakan kue tradisional yang mudah ditemui dimana. Namun, sebagian orang menganggap makanan ini merupakan makanan khas daerah dari Jawa. Dulunya, lemper dibuat menggunakan ketan yang dicampurkan dengan kelapa parut berbumbu. Hal tersebut karena harga daging zaman dahulu masih tergolong sangat mahal. Makanya, kelapa lah yang dijadikan alternatif karena harganya lebih terjangkau.

Kemudian, seiring berjalannya waktu, lemper mulai banyak dibuat menggunakan daging sapi, ayam, maupun ikan. Umumnya, lemper dimasak dengan cara dikukus. Namun ternyata lemper juga bisa dimasak dengan cara digoreng lho. Walaupun memang jarang ditemukan di pasaran, kamu bisa mencoba untuk membuat lemper goreng sendiri di rumah. Kamu bisa membuat lemper goreng dengan mengikuti resep di bawah ini.

Bahan-Bahan:
- 600 gr beras ketan putih
- 200 ml santan
- 500 ml air (sesuaikan)
- 4 lembar daun pandan
- 1 sdt garam
- 2 sdt gula pasir

Bahan Lain:
- secukupnya tepung panir
- 3 buah putih telur
- abon sapi secukupnya untuk isian

Cara Membuat Lemper Goreng Isi Abon:
  1. Campur semua bahan dalam panci, aduk rata, masak sampai air habis, lalu kukus selama 30 menit, angkat.
  2. Siapkan cetakan onigiri, isi dengan sedikit ketan asal rata saja bagian bawah cetakan, lalu beri isian abon sapi di tengahnya, tutup kembali dengan ketan, lalu cetak, lakukan sampai selesai.
  3. Celupkan lemper yang sudah di bentuk ke dalam putih telur lalu balur dengan tepung panir sampai rata, lakukan sampai selesai.
  4. Panaskan minyak, goreng lemper sampai kedua sisinya kecoklatan, angkat, tiriskan, sajikan hangat.

Demikian resep dan cara membuat Lemper Goreng Isi Abon. Ingin mencoba resep yang lainnya? Pastikan  untuk searching di Dapur Kristia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak