Resep Kue Clorot Gula Jawa

Kue Clorot Gula Jawa
 
Kue clorot merupakan makanan tradisional khas Purworejo Jawa Tengah. Makanan berbahan dasar tepung beras ini umumnya memiliki tekstur kenyal dengan rasa manis yang berasal dari gula jawa. Kue clorot saat ini cukup susah ditemui karena tergeser oleh makanan-makanan kekinian yang merambah pasar tradisional. Meski demikian, kue clorot ini mudah dibuat sendiri di rumah. 

Bahan-Bahan:
- 250 gram tepung beras
- 50 gram tepung kanji
- 800 ml santan kelapa 
- 400 gram gula merah Gula merah
- 3 lembar daun pandan
- 1 sendok teh garam
 
Cara Membuat Kue Clorot:
1. Campurkan santan, gula merah, daun pandan dan garam dalam panci lalu masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Setelah gula jawa meleleh sempurna, dinginkan dan saring.

2. Campurkan tepung beras dan tepung kanji, kemudian tuang campuran santan dan gula merah. Aduk hingga merata.

3. Buat bentuk corong dari janur dengan menggulungnya janur ke arah atas hingga menyerupai terompet. Buat bagian bawahnya kecil dan rapat lalu semat bagian atasnya dengan lidi.

4. Berdirikan wadah kerucut dengan gelas stainless atau panci kecil lalu isi dengan adonan hingga 3/4 bagian.

5. Panaskan kukusan lalu masukkan gelas/panci ke dalamnya. Kukus selama 15-20 menit. Setelah matang, angkat dan kue clorot khas Purworejo siap dihidangkan.

Demikian resep dan cara membuat Kue Clorot Gula Jawa. Ingin mencoba resep yang lainnya? Pastikan  untuk searching di Dapur Kristia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak